Monday, July 28, 2014

MENGATASI MASALAH "AUTO EJECT" YANG MENYEBALKAN PADA PS4

Hallo, ketemu lagi nih disini. Sekarang saya mau berbagi sedikit tentang Console Gaming yaitu PlayStation 4 atau lebih bekennya PS4. Kebetulan saya memiliki Console Gaming  ini, sudah 7 bulan umurnya bersama saya sejak Januari 2014.

Selama beberapa bulan ini saya menikmati nuansa-nuansa damai (lebay dikit gapapa..hehe) dalam bermain gaming di console ini, tampilan visual yang menawan dan banyaknya game-game menarik dan bagus yang ditawarkan semenjak awal debutnya di akhir 2013. Namun, ternyata sebagai sebuah flagship teranyar dari SONY, console ini tidak lepas dari beberapa masalah. Apa masalahnya? sesuai dengan judul artikel ini masalahnya yaitu "AUTO EJECT".

Baru-baru ini saya mengalaminya, tepatnya setelah melakukan update secara offline firmware 1.72. Saat mengalami "Auto Eject", apabila PS4 memainkan Bluray Disc maka secara tiba-tiba Bluray Disc akan dipaksa "keluar" dari Disc Tray PS4. Bahkan apabila ingin memasukkan Bluray Disc ke Disc Traynya maka Bluray tidak akan bisa masuk juga ada suara berisik kecil dari disc traynya , hal ini disebabkan karena sistem ejectnya aktif meskipun tidak ada Disc didalamnya. Saya sempat was-was dibuat sama nih PS4,belum ada 1 Tahun udah ada-ada aja masalahnya. Lalu, saya tanya kesana-kemari, melintas beribu-ribu dan berbagai keyword di forum dan media social gaming, yang ane temukan ternyata banyak juga yang mengalami kasus seperti saya.

Sempat berpikir panjang sambil diiringi keringat gugup berharap gak "Rusak Cepat" (rugi bandar donk saya kalo sampe rusak). Akhirnya ane memutuskan untuk BBM si Koko Ferry alias Pepew kebetulan saya beli konsolnya sama Koko Ferry ini. Akhirnya si koko membalas dengan solusi yang tidak disangka BERHASIL meskipun sangat sederhana. Langkah-langkah mengatasi masalah Auto Eject PS4 yang saya peroleh yaitu :
1. Matikan konsol (lakukan turn off),
2. Pastikan mesin benar-benar sudah mati, lalu cabut semua kabel yang terhubung ke PS4 (Kabel Power, kabel HDMI, kabel PS4 camera, semua kabel lah pokoknya),
3. Tekan tombol eject (lihat gambar) berulang-ulang hingga tidak ada lagi bunyi "beep" (biasanya apabila masih tersisa arus listrik tombol eject akan mengeluarkan bunyi beep meskipun dayanya sudah dimatikan),


4. Diamkan mesin 3-5 jam,
5. Hidupkan seperti biasa.

Akhirnya saya bisa lega lagi dan menikmati bermain game. Sebagai penutup dari saya berikut adalah Saran bagi teman-teman yang memiliki PS4,
1. Setelah bermain dan mesin mati, ada baiknya semua kabel dicabut dari colokan, minimal kabel powernya.
2. Letakkan mesin PS4 diatas sanggaan (lihat gambar) sehingga karet yang berada dibawah body PS4 tidak terlalu tertekan. Bisa jadi ini memicu tombol eject tertekan (Auto Eject) secara tidak sengaja.


3. Rajinlah Update Firmware terbaru.

Demikian artikel ini saya tulis, semoga berkenan bagi teman-teman semua. Selamat Malam.(ADT)

33 comments:

  1. infonya bermanfaat gan.. mau nanya nih gan,,, rencananya dalam waktu dekat ini saya mau beli ps4... firmware yang terbaru seri apa ya gan...? terus upadate nya gimana tu ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka aja playstation.com biasanya tiap bulan selalu ada update..jadi gk nentu

      Delete
  2. Bnr gan ps 4 sya lg ada.. auto ejek. Bermanfaat bngd thank gan

    ReplyDelete
  3. Thanks atas infonya, kebetulan ps4 sy jg mengalami auto reject

    ReplyDelete
  4. Mau tanya ya
    Ps4 ane klo dimasukin kaset kenapa gambar kaset nya tanda tanya y trus tulisannya unrecognised disc

    ReplyDelete
  5. terimakasih infonya,lagi ngalamin jg nih

    ReplyDelete
  6. terimakasih infonya,lagi ngalamin jg nih

    ReplyDelete
  7. Mas,kenapa ya ps4 saya saat diturn off kedip kedip putih nya ga selesai selesai,,tq

    ReplyDelete
  8. Mas,kenapa ya ps4 saya saat diturn off kedip kedip putih nya ga selesai selesai,,tq

    ReplyDelete
  9. GAN,Kenapa yahh saat Turn off ps4 lampu yg warna putih kedip kedipnya gaa selesai selesai,,plisss jawab thx^_^

    ReplyDelete
  10. bermanfaat banget, Thank's Broo...

    ReplyDelete
  11. saya mau nanya nih gan, knapa pas saya install game GTA itu selalu nolak, setelah update firmware terbaru. thanks...

    ReplyDelete
  12. Gan mau tanya, kok PS4 saya gk bisa masukin kaset gitu, jadi kan biasanya kalo mau masukin kaset tinggal dimasukin ntar langsung masuk sendiri kan, nah ini gk, jadinya kaset gk mau masuk.

    ReplyDelete
  13. Gan mau tanya, kok PS4 saya gk bisa masukin kaset gitu, jadi kan biasanya kalo mau masukin kaset tinggal dimasukin ntar langsung masuk sendiri kan, nah ini gk, jadinya kaset gk mau masuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di restart aja bro, mungkin bisa

      Delete
    2. gan saya juga kaya gitu.udah di restart sama aja.solusi gan

      Delete
  14. Semoga bisa gan, ps4 saya baru kena kasusnya, sekarang lg dicoba metode agan

    ReplyDelete
  15. makasih gan infonya bermanfaat

    ReplyDelete
  16. cara mengapdet ps4 gmn gan
    mohon bantuanya agan

    ReplyDelete
  17. info yg sangat bermamfaat...thx gan.....

    ReplyDelete
  18. nais info gan, kebetulan ane juga punya masalah seperti agan, smoga berkah gan...

    ReplyDelete
  19. Gan Ps4 gue belum selesai main udh dicabut stopkontaknya biasanya terjadi apa ya
    Juga Ps4 gue klo lagi main Ac Power nya warna putih

    ReplyDelete
  20. Gan ane pas lagi main ga sengaja ke cabut. Trus pas mau lanjut main PES2018 malah ga ke detect alias unrecognised disc. Padahal klo main game lain bisa dan lancar gan. Udah periksa disc juga masih kinclong. Nyoba cara agan diatas juga udah. Ada saran lain gan? Atau disini ada user yg pernah ngalamin juga?

    ReplyDelete
  21. Mau tanya, kenapa waktu saya hidupkan ps4 sy langsung timbul : connect a USB storage device that contains an update file for reinstallation for version 4.71 or later.
    You can download the update file for reinstallation from playstation.com

    ReplyDelete
  22. Mas mau nanya,,kan gini adik sy nggak tau kalo sebelum nya ada kaset di ps4 sy terus dia kasih masuk lagi kaset yg lain jadi dobel lah kaset di ps4 sy,,trus setelah gue tekan tombol eject yg keluar kaset pertama yg masuk,pas saya eject yg ke dua kali kaset yg ke dua malah nggak keluar2,,mohon solusi nya mas,,makasih🙏🏻🙏🏻

    ReplyDelete
  23. gan sy coba cara yg agan bilang, kok tombol ejectnya gk bunyi gan

    ReplyDelete
  24. Coba hidupin dulu kemudian matiin ps4nya, kemudian lepas semua colokan baru tekan tombol ejectnya

    ReplyDelete

World War II, Call of Duty kembali ke akar?!

Ya, setelah lama vakum kurang lebih 3 tahun, akhirnya saya kembali  untuk menulis sebuah info yang bisa dibilang penting gak penting...